Teori Pernyataan (Verklaringstheorie)

 Coba Anda simpulkan teori pernyataan (Verklaringstheorie) yang biasa digunakan untuk menentukan terjadinya kata sepakat?


Menurut KBBI, sepakat adalah setuju, semufakat, sependapat, dan seia sekata. Kesepakatan merupakan pihak-pihak yang setuju, semufakat, sependapat, dan seia sekata terhadap suatu hal untuk terjadi. Cara yang digunakan untuk menetukan terjadinya kata sepakat berdasarkan teori pernyataan (Verklaringstheorie) adalah, para pihak yang menyatakan atau memberi pernyataan terhadap suatu hal, terlepas dari perbedaan dengan kehendak yang sesungguhnya tetap menyebabkan terjadinya kesepakatan. Jika terdapat perbedaan pernyataan dan kehedak yang sebenarnya, maka kesepakatan tetap terjadi.


Menurut saya teori pernyataan ini merupakan kesamaan penyataan oleh pihak-pihak dalam menetapkan hal-hal pokok yang disampaikan baik secara tertulis maupun verbal. Teori ini bersifat pernyataan saja, jika kehendak masing-masing pihak berbeda dengan pernyataanya, maka kesepakatan tetat telah terjadi. Hal ini merupakan salah satu unsur syarat terjadinya perjanjian yang sah berdasarkan pasal 1320 KUHP
 

Sumber:

Nindyo Pramono. (2022). Hukum Bisnis: Hukum Perjanjian dan Asuransi Edisi 2. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lima Sektor PBB dan Alasan Mengapa PBB-P3 Masih Tetap Pajak Pusat

Pajak karbon dan Pungutan Negara yang Menyerupai